Minggu, 02 Juni 2013

TATA PANGGUNG


Tata panggung disebut juga dengan istilah SCENERY (tata dekorasi). 
Tata pentas dalam pengertian luas adalah suasana seputar gerak laku di atas pentas dan semua elemen-elemen visual atau yang terlihat oleh mata yang mengitari pemeran dalam pementasan


Pentas menurut Pramana Padmodarmaya ialah tempat pertunjukan dengan pertunjukan kesenian yang menggunakan manusia (pemeran) sebagai media utama. Conyohnya : pertunjukan tari , teater tradisional ( ketoprak, ludruk, lenong, longser, randai makyong, mendu, mamanda, arja dan lain sebagainya), sandiwara atau drama nontradisi baik sandiwara baru maupun teater kontemporer .


Fungsi yang paling penting dari tata panggung adalah memperkuat permainan para aktorArtinya, kehadiran tata panggung tidak hanya sekedar mempercantik tetapi menegaskan laku aksi yang disajikan oleh para aktor di atas pentas.

Penataan panggung disesuaikan dengan tuntutan cerita, kehendak artistik sutradara, dan panggung tempat pementasan dilaksanakan.
Secara fisik bentuk panggung dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu

1. Panggung tertutup terdiri dari :panggung proseniumpanggung portable, arena. 

       Panggung prosenium merupakan panggung konvensional yang memiliki ruang prosenium atau suatu bingkai gambar melalui mana penonton menyaksikan pertunjukanHubungan antara panggung dan auditorium dipisahkan atau dibatasi oleh dinding atau lubang prosenium. Sedangkan sisi atau tepi lubang prosenium bisa berupa garis lengkung atau garis lurus yang dapat disebut dengan pelengkung prosenium (Proscenium Arch).
       Panggung portable yaitu panggung tanpa layar muka dan dapat dibuat di dalam maupun diluar gedung dengan mempergunakan panggung (podium, platform) yang dipasang dengan kokoh di atas kuda-kuda.


  Panggung arena merupakan bentuk panggung yang paling sederhana dibandingkan dengan bentuk-bentuk pangung yang lainnya. Panggung ini dapat dibuat di dalam maupun di luar gedung asal dapat dipergunakan secara memadai. Panggung arena dibagi menjadi 3 yaitu panggung arena tapal kuda, panggung arena penuh, panggung arena 3/4.



2. panggung terbukalebih dikenal dengan sebutan open air stage dan bentuknya juga bermacam-
    macamsebetulnya lahir dan dibuat di daerah atau tempat terbuka. Berbagai variasi dapat 
    digunakan untuk memproduksi pertunjukan di tempat terbuka.



3. panggung kereta
   disebut juga dengan panggung keliling dan digunakan untuk mempertunjukkan karya-karya teater 
   dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan panggung yang dibuat di atas







Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Poskan Komentar